mendeklarasikan objek, class, method, dan overloading

Persegi Panjang

konstruktor:
1.Konstruktor harus menggunakan nama yang sama dengan class.termasuk huruf besar dan kecilnya.
2.Dalam satu class bisa terdapat lebih dari satu konstruktor.
3.konstruktor akan dieksekusi setiap kli ada pembuatan objek.
4.Setiap class harus mempunyai paling tidak sebuah konstruktor.

5.konstruktor tidak memiliki hak akses.
6.Jika sudah mendeklarasikan konstruktor, maka konstruktor default tidak akan dibuat oleh kompiler Java.
Sebuah class memiliki beberapa konstruktor.Konstruktor yang dibuat lebih dari satu dibunakan untuk keperluan berikut:
1.Menentukan nilaiInstance variabel yang berbeda. Jadi, pada setiap konstruktor diinisialisasi variabel yang berbeda.
2.Melakukan tugas awal dengan menjalankan metode tertentu,seperti untuk melakukan penghitungan. Jadi, selama konstruktor dijalankan,akan dilakukan penghitungan.
Contoh deklarasi konstruktor



/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

package praktikum2;

/**
 *
 * @author diniaru
 */
public class persegipanjang1 {
    private int lebar;
    //inisialisasi var lebar yang memiliki tipe data int
    private int panjang;
    //inisialisasi var lebar yang memiliki tipe data int

    persegipanjang1(){//identifier_class([tipe identifier,tipe identifier,...]){
        // merupakan konstuctor dari klas persegipanjang1
        // konsructor harus sama persis dengan nama klasnya
        // tetapi tidak memiliki hak akses
        panjang = 10;
// inisialisasi variabel panjang = 10
        lebar =12;
// inisialisasi variabel lebar = 12
    }

    persegipanjang1 (int panjang, int lebar){
        // deklarasi method dan parameter
        this.panjang = panjang;
        // panjang yang dideklarasikan menunjuk pada panjang
        // yang ada pada class
        this.lebar = lebar;
    }
// metode hitung hasil merupakan metode overloading, dimana nama methodnya sama tetapi beda parameternya.
    public void hitungHasil(){
        // memdeklarasikan hitung hasil yang void(tidak menerima nilai kembali)
        System.out.println(lebar*panjang);
    }

    public void hitungHasil(int panjang, int lebar){
// memasukan method hitung hasil dengan parameter int panjang dan lebar.
        setpanjang(panjang);
        setlebar(lebar);
        hitungHasil();
    }
//metode setter
    public void setlebar(int lebar){
        if(lebar>0){
            this.lebar = lebar;
        }
        else{
            System.out.println("inputan anda salah");
        }
    }
    public void setpanjang(int panjang){
        if(panjang>0){
            this.panjang= panjang;
        }
        else{
            System.out.println("inputan anda salah");
        }
    }
    public int getpanjang(){
        return panjang;
    }
    public int getlebar(){
        return lebar;
    }
    public static void main(String [] args){
        // Membuat object
        persegipanjang1 a = new persegipanjang1();
        a.hitungHasil();
        // Memanggil method dan menunjuk nilai parameter
        a.hitungHasil(20, 10);
        persegipanjang1 b = new persegipanjang1(11,12);
        b.hitungHasil();
        b.hitungHasil(12, 10);
        persegipanjang1 c = new persegipanjang1();
        c.setlebar(8);
        c.setpanjang(12);
        c.hitungHasil();
        c.hitungHasil(120, 2);
        c.hitungHasil(a.getpanjang(),a.getlebar());
        c.hitungHasil(b.getpanjang(),b.getlebar());
        c.hitungHasil(c.getpanjang(),c.getlebar());
    System.out.println();
    }

}

Pengertian Parameter

Statistik parametrik berhubungan dengan inferensi statistik yang membahas parameter-parameter populasi jenis data interval atau rasio distribusi data normal atau mendekati normal.
Parameter merupakan kerakteristik dari hasil pengukuran suatu objek.Ukuran parameter statistika   dihitung dari data sampel atau populasi. Parameter statistika yang seiring digunakan dalam analisis statistika adalah rata-rata, varian atau deviasi standar, dan korelasi.

Pengertian Overloading , Overriding , Inheritance , Encapsulation

Overloading Merupakan Suatu Function yang memiliki parameter , dan function tersebut dapat memiliki nama function yang sama dengan yang lainnya dengan syarat jumlah parameter mesti berbeda
atau bisa kita bilang Situasi di mana beberapa rutin dalam sebuah program dapat mempunyai nama sama tetapi berbeda jenis parameter dan/utau jenis return value.
lebih Jelasnya Overloading secara singkat :
  • Nama Method Boleh Sama , Tapi Jumlah Parameter Mesti berbeda
  • Nilai Yang Di Return Harus memiliki Tipe yang sama
Sample Overloading pada function TaxCalc pada C#.Net :

public static double TaxCalc(double pamt1, double prate1, double pamt2,
double prate2)
{
double taxamt;

Console.WriteLine(“Using method with 4 arguments”);
taxamt = (pamt1 * prate1) + (pamt2 * prate2);

return taxamt;
} // *** TaxCalc ***
// This method only takes two arguments: an amount and a rate
public static double TaxCalc(double pamt1, double prate1)
{
double taxamt;

Console.WriteLine(“Using method with 2 arguments”);
taxamt = pamt1 * prate1;

return taxamt;
} // *** TaxCalc ***
// This method only takes one argument: an amount
public static double TaxCalc(double pamt)
{
double taxrate = 0.15;
double taxamt = 0;

Console.WriteLine(“Using method with 1 argument”);
taxamt = pamt * taxrate;

return taxamt;
} // *** TaxCalc ***
// This method only takes one argument as well but it differs
// from the above in the argument type.
public static double TaxCalc(string whichtable)
{
double taxrate = 0;
Console.WriteLine(“Calling the method with 1 string argument”);

if (whichtable == “TaxTable1″)
taxrate = 0.15;

return taxrate;
}

Overriding Merupakan Suatu Keadaan Dimana kelas anak dapat mengubah atau bisa kita bilang memodifikasi atau memperluas data dan method pada kelas induk
Keuntungan Overriding : dapat menambahkan sifat / atribut pada kelas induk nya

contoh Overriding pada C#.Net
abstract class ShapesClass
{
    abstract public int Area();
}

class Square : ShapesClass
{
    int x, y;
    // Because ShapesClass.Area is abstract, failing to override
    // the Area method would result in a compilation error.
    public override int Area()
    {
        return x * y;
    }
}
 
Enkapsulasi = Pembungkusan , maksudnya di sini semua objek yang kita definisikan / bisa juga informasi kita sembunyikan di dalam enkapsulasi tersebut agar tidak dapat dibaca oleh kelas lain yang tidak berhak membacanya. maksudnya secara lebih jelas agar memastikan agar object hanya dapat di ubah oleh object yang mendapat ijin untuk mengubahnya , bila tidak memiliki ijin maka tidak dapat mengubahnya atau membacanya.
Polymorphism = Memiliki Banyak Bentuk.

Contoh Polymorphism
public class BaseClass
{
    public void DoWork() { }
    public int WorkField;
    public int WorkProperty
    {
        get { return 0; }
    }
}

public class DerivedClass : BaseClass
{
    public new void DoWork() { }
    public new int WorkField;
    public new int WorkProperty
    {
        get { return 0; }
    }
}
Inheritance = Pewarisan , Mewariskan objek yang dimiliki ke pada objek yang diturunkan , bersifat menyeluruh.
Kelas yang mewariskan biasa di sebut super class / class induk
Kelas yang diwariskan biasa di sebut sub class / kelas anak
Secara lebih singkat begini :
A sebagai Ayah memiliki Anak bernama B , A berkulit Hitam maka B akan berkulit Hitam jg .
Ini merupakan inheritance terhadap A kepada B , dan inheritance bukan hanya dapat 1x diwariskan , tetapi dapat lebih dari 1x. seperti berikut :
A sebagai Ayah memiliki Anak bernama B , A berkulit Hitam maka B akan berkulit Hitam jg . dan B pun memiliki anak C maka C pun akan berkulit hitam
Keuntungan dari inheritance :
- Tidak perlu mendefinisikan Variabel Bila membutuhkan , Cukup menurunkan dari class induk
- Memudahkan dan Mempercepat pemprogramman , mengurangi Code
Sample inheritance dalam C#.Net

public class A
{
    public A() { }
}

public class B : A
{
    public B() { }
}

Method dasar ada dua jenis yaitu getter() dan setter().
Method getter adalah untuk mengambil informasi isi attribut dalam suatu class.
Method setter adalah untuk memberikan isi attribut dalam suatu class.

contoh:
public class Dog{
// information hidding
private int weight(){
// Method jenis getter()
public int weight(){
return weight;
}
// method jenis setter()
public void setWeight ( int newWeight) {
weight = new Weight;
}

}


2 komentar:

  1. cahyo_agunk mengatakan...:

    mantep gan ,.,
    sangat membantu

  1. Anonim mengatakan...:

    Thanks Berat

Posting Komentar

silahkan diisi

 
Dinial dan Anton © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score